PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN SATU ATAP 3 SEMATU JAYA MELALUI DISCOVERY LEARNING

Ahmad Mukhlasin Rozik

Abstract


Pembelajaran yang dilakukan oleh banyak tenaga pendidik yaitu cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan penghafalan konsep bukan pemahaman materi yang disampaikan, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran dalam kelas yang selalu didominasi oleh guru. guru lebih banyak ceramah dan diakhiri dengan tanya jawab, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam proses pembelajaran , dari pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik agar peserta didik bisa memberikan makna pada pengetahuan yang telah diperolehnya, sehingga perlu adanya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peneliti memilih menggunakan Model Pembelajran discovery Learning untuk meningkatkan hasil peserta didik.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI Materi Kejujuran, Amanah dan Istiqomah pada siswa kelas VII SMPN Satu Atap 3 sematu Jaya dan membantu guru untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil nilai rata-rata pada setiap siklusnya yaitu prasiklus dengan nilai rata-rata 58,15 meningkat pada siklus I yaitu 64,8 dan siklus II yaitu 72,6. Dari hasil tes perolehan nilai tertingginya juga meningkat yaitu pada prasiklus 80 meningkat di siklus I menjadi 85 dan meningkat lagi di siklus II menjadi 88. Perhitungan presentasenya juga selalu meningkat, dari prasiklus hanya 30%, siklus I meningkat menjadi 60%, siklus II meningkat menjadi 85% hasil belajar yang meningkat dibandingkan dengan pembelajaran-pembelajaran sebelumnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.