PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN SATU ATAP 3 SEMATU JAYA MELALUI DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas VII SMPN Satap 3 Sematu Jaya Kabupaten Lamandau Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research) dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu: a) perencanaan (planning); b) tindakan (acting; c) pengamatan (observing; dan d) refleksi (refecting). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, yaitu pada Bulan Agustus 2021. Subjek penelitin ini adalah peserta didik kelas VII SMPN Satu Atap 3 Sematu Jaya yang terdiri dari 10 peserta didik 6 putra dan 4 putri. Objek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Jurnal Harian, Video dan Foto, dan Data tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan hasil nilai rata-rata pada prasiklus dengan nilai rata-rata 58,15 meningkat pada siklus I yaitu 64,8 dan siklus II yaitu 72,6. Dari hasil tes perolehan nilai tertingginya juga meningkat yaitu pada prasiklus 80 meningkat di siklus I menjadi 85 dan meningkat lagi di siklus II menjadi 88. Perhitungan presentase siswa yang tuntas juga selalu meningkat, dari prasiklus hanya 30%, siklus I meningkat menjadi 60%, siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN Satap 3 Sematu Jaya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.