PENERAPKAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 KUSAN HILIR

Hidayaturrahman Hidayaturrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sholat
berjamaah dengan menggunakan metode demonstransi di Kelas VII SMPN 2 Kusan Hilir dan
mengetahui peningkatan kemampuan Sholat berjamaah Kelas VII SMPN 2 Kusan Hilir setelah
melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstransi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan dua siklus dan setiap
siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian
ini menggunakan pembelajaran dengan metode demonstrasi yang bersifat kolaboratif dan
partisipatif dengan melakukan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMPN 2 Kusan Hilir dalam
Penggunaan metode demonstrasi pertama kali memberikan penjelasan terlebih dahulu
mengenai materi yang akan didemonstrasikan, kemudian guru memberikan contoh
melakukan demonstrasi yang baik dan benar mengenai materi pelajaran tersebut, setelah itu
guru memerintahkan siswa untuk mempraktekkan kembali. Dan diperoleh hasil observasi
aktifitas guru adalah 65 (baik) dan siswa adalah 70 (baik) pada siklus I. sedangkan pada siklus II
diperoleh hasil observasi aktivitas guru adalah 83 (baik) dan siswa 96,87 (baik)
Ada peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan
metode demonstrasi. Peningkatan dari performance pada siklus 1 rata-rata diperolekh 77,6.
Dan prosentasenya adalah 34,785% sedangakan peningkatan hasil belajar pada siklus II
diperoleh rata-rata 85,08. Dan prosentase ketuntasannya adalah 91,30%.sehingga terjadi
peningkatan rata-rata 8,2 dan penigkatan prosentase ketuntasan belajar sebesar 56,52%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.