MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI PERMAINAN TEPUK ISLAMI DI SDN PINANG HABANG KECAMATAN WANARAYA

Nanik Nurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Pinang Habang Kecamatan Wanaraya melalui permaian tepuk islami. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mana pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Pada penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Pinang Habang dengan menggunakan tindakan permainan tepuk islami. Hal ini tentunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa atau nilai dari tugas yang diberikan oleh guru mengalami kenaikan, dan melebihi bahkan dapat dikatakan lebih tinggi dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran PAI di SD Negeri Pinang Habang yaitu 70,00. Nilai siswa Kelas IV SD Negeri Pinang Habang setelah dilaksanakannya tindakan permainan tepuk islami berkisar antara 80-95. Sedangkan sebelum dilakukannya tindakan permainan tepuk islami berkisar antara 60-85. Bahkan diantara 11 siswa hanya 1 siswa diantaranya yang mendapatkan nilai di atas kriterian ketuntasan minimal (KKM).

Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan permainan tepuk islami telah berlangsung dengan baik serta dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri Pinang Habang Kecamatan Wanaraya. Maka dari itu sebagai seorang guru disarankan agar selalu menggunakan metode atau cara-cara mengajar yang baik dan ice breaking yang kreatif serta menyenangkan ketika proses pembelajaran berlangsung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.