MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDUP TENANG DENGAN BERPERILAKU TERPUJI SISWA KELAS III DI SDN PANGKALAN MUNTAI KECAMATAN SUKAMARA

Satriyati Satriyati

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning denganĀ  untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Hidup tenang dengan berperilaku terpuji siswa kekas III SDN Pangkalan Muntai. Hal ini dilakukan karena dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga aktifitas siswa hanya 30 %, dan aktifitas guru 70 %. Model pembelajara yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Hidup tenang dengan berperilaku terpuji siswa kelas III SDN Pangkalan Muntai Kecamatan Sukamara adalah model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran Discovery Learning dilaksanakan dalam satu siklus. 2) hasil dari model pembelajaran Discovery Learning pada materi semua bersih hidup jadi nyaman di SMPN 3 Sukamara mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar dan hasil praktek tata cara taharah terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 35 %, meningkat menjadi 85% pada pertemuan kedua siklus I dan aktifitas siswa mengalami peningkatan dari 40 % menjadi 85 % pada pertemuan kedua siklus I. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Hidup tenang dengan berperilaku terpuji Sukamara.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.