UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI METODE RESITASI (PENUGASAN) SD SEKATAN BANGUN

Mudakir Mudakir

Abstract


Dalam belajar siswa menginginkan agar mendapatkan hasil atau nilai yang baik, dengan mendapat hasil dan nilai yang baik akan melambangkan keberhasilan itu sendiri. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar diperlukan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan keadaan siswa dan sekolah yang bersangkutan. Satu di antara metode mengajar yang bisa diterapkan yakni metode resitasi.

Dalam penelitian ini masalah yang ada adalah apakah metode resitasi

(penugasan) dapat meningkatkan hasil pembelajaran PAI tentang Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir di Kelas VI SD. Bagaimanakah penerapan metode Resitasi (Penugasan) dapat meningkatkan hasil pembelajaran PAI di Kelas VI SD?

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tentang Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Sekata Bangun. Untuk memperoleh data penulis melakukan survey ke Sekolah Dasar Negeri 1 Sekata Bangun  untuk melakukan penelitian dengan observasi, wawancara, serta dokumen nilai raport.

Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas siklus 1 dan siklus 2 penelitian ini, maka dapat diindikasikan, melalui pembelajaran dengan metode resitasi dapat meningkatkan keterampilan siswa, memahami dan menjelaskan pembelajaran PAI khususnya tentang materi Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir. Hal ini dapat dilihat dari:

Guru dalam proses pembelajaran sudah baik dengan persentasi rata-rata keseluruhan siklus 1 dan siklus 2 adalah 77 %. Aktivitas siswa yang aktif dan bergairah dalam proses belajar mengajar dengan persentasi rata-rata keseluruhan yakni 90 %. Hasil belajar siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus 1 Rata-rata nilai siklus 1 yakni 65 %, terbilang cukup untuk  persyaratan tuntas belajar yang ditetapkan oleh kurikulum PAI yakni rata-rata 70. Selanjutnya pada siklus 2 pelaksanaannya hanya dilaksanakan satu kali pertemuan dengan hasil tes yang nilai rata-rata 80 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.