PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS V MIN 9 BARITO KUALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi Tanda- Tanda Baligh Kelas V MIN 9 Barito Kuala Kabupaten Barito Kuala melalui Model Pembelajaran Audio Visual. Jenis penelitian adalah penelitian tindakam kelas ( Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas V MIN 9 Barito Kuala tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Tes, Observasi, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriftif kuantitatif dan diskriftif kualitatif, indicator penelitian adalah minimal 70 % dari seluruh siswa aktif dalam mengikutipembelajaran dan telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu > 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Audio Visual dalam pembelajaran FIKIH dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester 1 MIN 9 Barito Kuala. Rata-rata motivasi belajar fikih siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 36,7 % menjadi 52,7 % pada siklus I dan meningkat menjadi 78,1 % pada siklus II dan berada pada kategori tinggi. Untuk meningkatkanmotivasi belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model Audio Visual dalam pembelajaran, dengan alasan penerapan model pembelajaran Audio Visual diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran secara mandiri/berkelompok dengan prosedur mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisa informasi, dan mengkomunikasikan dengan pendekatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2015. Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Asy’ari, Muslichach. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakatdalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Depdiknas Ditjen Dikti. Jakarta.
Daryanto, Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media. Ertikanto, C. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media
Akademi.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdhu, Ghullam, Lisa Agustina, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1, Halaman 83. Universitas Pendidikan Indonesia
Hanafiah, N. 2012. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama. Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21.
Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jakarta: Kencana
Muhammad Nur Fadhil ,Yudi Ari Setiawan, 2022. Buku Interaktif Pendidikan
Agama Islam dan Budi Peskerti SMA Kelas XI.Yogyakarta: Intan Pariwara Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
N.K. Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Oemar, H. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja
Grafindo Persada
Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2006. Strategi PembelajaranBerorientasi Standar ProsesPendidikan. Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan
Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke empat belas. Bandung: PT Remaia Rosdakarya
WS. Winkel. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.