PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHALAT SUNNAH RAWATIB MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III MIN 5 TANAH LAUT
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III MIN 5 Tanah Laut pada pembelajaran Fiqih materi Sunnah Rawatib. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Aktivitas siswa hanya mendengarkan guru ceramah dan mencatat apabila diperintah guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match, yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III MIN 5 Tanah Laut yang berjumlah 23 siswa. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Adapun sumber data di peroleh melalui guru, siswa dan teman sejawat dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah Teknik distribusi, frequensi, persentase, dan interpretasi. Pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe make a match karena model ini berguna untuk memberikan kesempatan berpikir secara mandiri, mencari pasangan yang sesuai, kemudian diskusi dengan pasangan lainnya didalam menemukan konsep yang sama. Setelah dilaksanakan Tindakan kelas, penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi sunnah rawatib. Pada siklus 1 dengan persentase nilai 47,82%. Kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan persentase nilai yang dicapai 100%
Full Text:
PDFReferences
Amin, Saiful. 2017. Metode Make A Match: Tujuan, Persiapan, dan Implementasinya dalam Pembelajaran.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 (Jakarta: Prestasi Pustaka).
Komsiatin. 2014. Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi (Tulungagung: IAIN Tulungagung
Cakyamuni, Putri Ayu. 2016. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar
IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (Bandar Lampung: Universitas Lampung).
Indiarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Ilmiah (Surabaya: FBS Unes).
Mulyani, E & Wahyuni, D, 2007. Pengetahuan Sosial Ekonomi SMA/MA 2. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Nur Indahwati, 2010, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make a match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMA Kertanegara malang, SKRIPSI, Malang: fe Universitas Negeri Malang
Sari Sidadolog, 2012, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Krakatau Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Medan:FE Universe Negeri Medan
Sudjana, Nana, 2013, Dasar-Dasar proses Belajar mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindon Offset
Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013
Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit, 2016, Penelitian Tindakan Kelas, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.