PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR AN SMAN 1

Muhammad Yusri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar membaca Al Qur an peserta didik setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, mengerjakan LKPD, memberikan latihan belajar membaca Al Qur an dan kesimpulan pada mata pelajaran PAIBP kelas X IPS 6 SMAN 1 Simpang Empat.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi, Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  belajar membaca Al Qur an peserta didik kelas X IPS 6 dalam mata pelajaran PAIBP mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan  berdasarkan (1) Hasil observasi membacaAl qur an lebih meningkat dalam aktivitas listening dari 80% menjadi 88%, oral dari 45% menjadi 61%, emotional dari 65% menjadi 84%, visual dari 35% menjadi 78%, writing dari 65% menjadi 73%, motor dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. (2) Peningkatan hasil belajar membaca Al Qur an dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12% , dari 60% menjadi 72,35 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.