MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI TANDA-TANDA BALIGH DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS 4 MI TAWIYA TIMUR
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK)ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman Maateri tanda-tanda baligh dengan metode tanya jawab pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Tawiya Timur. Penelitian yang dilakukan di kelas IV MI tawiya Timur ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, adapaun jumlah peserta didik 14 orang yang terdiri dari 8 orang peserta didik perempuan dan 6 orang peserta didik laki-laki. Melalui observasi awal, Didapati nilai raendah. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk meningkatkan pemahaman menggunakan metode tanya jawab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart (Zulkarnain, 2020). Metode penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti sebagai instrumen utama dibantu oleh beberapa alat untuk memperoleh data penelitian. Alat-alat penelitian tersebut antara lain: pedoman observasi, catatan lapangan, dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, perkembangan pencapaian peserta didik dalam mencapai kriteria indikator pemahaman meningkat di setiap siklusnya. Hal ini menunjukkan keberhasilan dari penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan Pemahaman pada materi tanda-tanda baligh. Hal ini dibutkitan pada siklus I dan Siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yakni pada siklus I hasil belajar peserta didik secara klasikal menjadi 65% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik secara klasikal menjadi 90%. Berarti dari prasiklus ke siklus I meningkat 15% secara klasikal dan dari siklus I ke siklus II menjadi 25% secara klasikal.
Full Text:
PDFReferences
Akhlak, M. P. B. A., Materi, D. M. C. L. P., Mamba’ul, H., & Akhlak, G. M. A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.
Amelia, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 207–214. hp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/issue/view/8
Anwar, H. S. (2021). Studi Hukum Islam Kontemporer Bagian Dua. UAD PRESS. Hakim, R. (2014). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2).
hps://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788
Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Syiah Kuala University Press.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: Strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya.
Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88–99. hps://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. hps://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081
Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Restiana, S., Agustina, R., Rahman, J., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi dan Analisis terhadap Komponen Guru Matematika di SD Muhammadiyah 027 Batubelah. MASALIQ, 2(4), 489–504.
Sulton, A. (2021). Konstruksi Pendidikan Reproduksi Bagi Remaja dalam Bingkai Pendidikan Islam. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 5(2), 113–130. hps://doi.org/10.23971/tf.v5i2.3277
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Wahid, A., Afni, N., Jumrah, A. M., & Hastati, S. (2021). Pelatihan PTK Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SD Negeri Mamajang II Kota Makassar. Madaniya, 2(1), 87–91.
Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 187–206. hps://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787
Zulkarnain, R. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Bahan Ajar Cetak Pada Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 214–214. hps://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/down load/2986/1772
Refbacks
- There are currently no refbacks.