PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOLAT LIMA WAKTU PADA SISWA KELAS VII A MTSN 2 KONAWE KEPULAUAN

Isra Isra

Abstract


Untuk Mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan sholat lima waktu pada siswa kelas VII A MTsN 2 Konawe Kepulauan. Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang menggunakan pemeragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada anak didik. Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang cukup efektif, sebab membantu para siswa untuk memperoleh jawaban dengan mengamati suatu proses atau peristiwa tertentu. Pada siklus I ada 14 peserta didik yang tidak tuntas belajar, nilai ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 41,6%. Dan rata-rata hasil belajar, 65,60, Setelah diadakan perbaikan pada siklus II, hasil belajar menjadi meningkat, peserta didik yang tuntas belajar mencapai 92% atau 22 peserta didik tuntas belajar dan rata- rata hasil belajar, 78,95, berarti bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fikih materi pokok shalat lima waktu.


Full Text:

PDF

References


Ash Shiddieqy, 2000, Muhammad Hasbi, Kuliah Ibadah Ditinjau dari Segi Hukum dan Hikamh, Semarang : PT Pustaka Rizki Putra

Baharuddin, dkk, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bahri, Z.P., 2018, Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X, Skripsi.

Darsono, T Ibrahim, 2005, Penerapan Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Surakarta : PT Tiga Srangkai Pustaka Mandiri

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta: Balai Pustaka

Hasan, Muhammad Tholhah, 2005, Ahlussunah Wal Jamaah Dalam Persepsi Dan Tradisi NU, (Jakarta : Lantabora Press

Junaedi, Mahfud, 2010, Materi Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Classroom Action Research) Bagi Guru Madrasah Sasaran MEDP LPTK Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Margono, M, 2000, Metodologi Penelitian Pendidikan, (0Jakarta: Rineka Cipta0 Mel Silberman, 1996, Active Learning 101 Strategiies To Teach Any Subject,

Massachuses: allyn and Bacon

Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. Tentang Standar

Kopetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab

Di Madrasah.

Moeslihaton, 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Rineka

CiptaMuh Rifai, Risalah Tuntunan Shalat Lengkap,( Semarang: 2008) Mustaqim, 2007, Psikologi Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN

Walisongo Semarang

Nusriati., 2021, Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode

Pembelajaran Demonstrasi Materi Shalat Jamak, Qasar, Jamak Qasar dan Shalat dalam Keadaan Darurat Siswa di Kelas VII-3 MTsN 2 Kendari, Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 1 (1)

Poerwadarminta, 2006, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Cet 3

Sudjana, Nana, 2009, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Syah, Muhibbin, 2008, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.