PENERAPAN STRATEGI LEARNING CONTRACT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DUA KALIMAT SYAHADAT DI SDN 8 MADUREJO

Utin Rasuna Halida

Abstract


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam membutuhkan strategi pembelajaran yang lebih beragam agar hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran Dua Kalimat Syahadat adalah Learning Contract, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi Learning Contract dan mengetahui peningkatan hasil belajar PAI BP pada materi Dua Kalimat Syahadat di SDN 8 Madurejo kelas 1 tahun ajaran 2023-2024 setelah diterapkan strategi learning contract. Metode penelitian yang digunakan pada Penelitian ini adalah PTK yang terdiri atas empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Kondisi awal yang menggunakan metode klasikal hanya mendapatkan ketercapaian 50%, dari jumlah siswa 34 orang. Setelah dilaksanakan Strategi Learning contract pada proses pembelajarannya, hasilnya siswa mengalami sebuah peningkatan 70,59% di siklus I, begitu pula dari hasil observasi aktivitas guru telah menunjukkan penggunaan Strategi Learning Contract sehingga mengalami ketuntasan di atas KKM dengan peningkatan 85,29 dari siklus I pada siklus II, sehingga disimpulkan dengan adanya strategi Learning Contract mampu meningkatkan hasil belajar di SDN 8 Madurejo terutama pada kelas I a untuk materi Dua Kalimat Syahadat

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. 2014. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hurlock, B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ennis, R. H. (1993)

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Rev. ed). Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.

Surya, M. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta CTSD.

Andriyani, L. N., Susilawati, S., & Zulaiha, S. (2019). Implementasi strategi learning contract untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IV mis guppi 11 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).

Arliani, E., & Widjajanti, D. B. (2006). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Melalui Pendekatan Kontrak Perkuliahan (Learning Contract) dalam Pembelajaran Mata Kuliah Rancangan Percobaan. In Seminar Nasional MIPA. https://eprints. uny. ac. id/12001/1/PM.

Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). PENGARUH TEKNIK LEARNING CONTRACT TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.

Muizudin, M. (2021). Penerapan Strategi Learning Contract dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 332-341.

Suhara, A. M., & San Fauziya, D. (2017). PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE KONTRAK BELAJAR DALAM KEGIATAN MENULIS ARTIKEL: active learning strategy: learning contracts: writing. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.