PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 3 KATINGAN KUALA

Sri Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning dan peningkatan hasil belajar siwa setelah menggunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar PAI pada materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada Siklus I ke siklus II semakin meningkat dari kategori cukup baik menjadi sangat baik. Hasil belajar PAI pada Pra Siklus sebesar 68,5%, pada siklus I sebesar 80,33% dan pada siklus II sebesar 95,24%. Peningkatan hasil belajar PAI pada Pra Siklus ke Siklus I sebesar 19,67%, selanjutnya pada Siklus I ke Siklus II sebesar 24,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana

Prima.

Huda, Miftachul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamidah. 2016. Filsafat Pembelajaran Bahasa Perspektif Strukturalisme dan Pragmatisme. Yogyakarta: Naila Pustaka. ?Book

Fadhilaturrahmi. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Faisal. (2014). Sukses Mengawal Kurikulum 2013 Di SD. Yogyakarta:Diandara Creative

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipt.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hurlock, B. (2008). Psikologi perkembangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Hurlock, B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ennis, R. H. (1993).

Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Parama Ilmu.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.