UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI ELEMEN FIKIH DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TELANGKAH

Siti Ngtaminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik melalui model Experiental Learning dan mengetahui peningkatan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV di SDN 3 Telangkah setelah diterapkan model Experiental Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 3 Telangkah Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 anak dan objek penelitiannya adalah hasil belajar PAI pada materi Menyambut Usia Baligh.  Tempat penelitian tindakan ini di SDN 3 Telangkah Kabupaten Katingan. Pada penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada Siklus I ke siklus II semakin meningkat dari kategori cukup baik menjadi sangat baik Berdasarkan hasil penelitian, Experiental Learning menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar PAI Elemen Fikih pada materi Menyambut Usia Baligh Kelas IV SDN 3 Telangkah Kabupaten Katingan. Hal ini dapat dilihat pada Siklus I, dari 20 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (67,44%) dan yang belum tuntas sebanyak 8 siswa (32,56 %). Sedangkan pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (80,00%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (4,98%). Jadi, setelah diadakan Siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 27,58%. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model Experiental Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Elemen Fikih dengan materi pokok menyambut Usia Baligh tnya pada Siklus I ke Siklus II sebesar 23,81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Experiantal Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV di SDN 3 Telangkah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2013:17).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

https://repository.unpas.ac.id

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

https://www.researchqate.net

Chaeruman, U. A. ( 2009). Contoh Praktis Menerapkan Experiental Learning.

E. Mulyasa, (2004, hlm. 100) Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Https: //repository.unpas.ac.id ( diakses pada 19 Agustus 2023)

Iskandar, Dadang dan NARSIM. 2015. Penelitoan Tindakan kelas dan publikasinya. Cilacap. Ihya Media

Nana Sudjana, (2005, hlm.76). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bachri Djamarah (2000, hlm. 89 -91). Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Rineka Cipta.

Udin, S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Syaiful Bachri Djamarah, Mengajar dengan Sukses, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hlm. 89-91.

Purwanto. (2013: 46) Evaluasi Hasil Belajar. Celeban Timur UH III Yogyakarta : Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.