PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV SDN 3 KAYUAGUNG

Siti Asni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi asmaul husna, siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, dan masih rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam mengusai materi ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Project Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi asmaul husna kelas IV SDN 3 Kayuagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 3 Kayuagung Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 27 siswa. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Hasil belajar diukur dengan tes pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar antara siklus 1 dan siklus 2, hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata 74,07 dan siklus 2 rata-rata 82,40. Sehingga dengan demikian rata-rata hasil belajar persiklus terlihat kecenderungan meningkat, dimana pada siklus I ke siklus 2 peningkatan sebesar 8,33

Full Text:

PDF

References


Chomaidi Dan Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran: StrategiPembelajaran.Jakarta: Grasindo.

Ghalia Indonesia. Purwanto, Muchlas Samani, Nanik Estidarsan. 2015. Pembelajaran Pengelasan Las Busur Listrik Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal pendidikan vokasi.

Heru kurniawan, 2015. Pembelajaran kreatif bahasa indonesia ( kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Made Wena.2014.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer.Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Penerbit Perana Ilmu.

Oemar Hamalik.2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto.2020. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X Di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/10277/1/ SKRIPSI%202.pdf

Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang:UIN Pers

Wawan. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Asmaul Husna Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pears Shere (TPS).Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, Volume 02 No. 02, Oktober 2019 ISSN (p) 2598-5930 (e) 2615-4803


Refbacks

  • There are currently no refbacks.