PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUJUD DI KELAS VII SMPN 4 KOTAWARINGIN LAMA

Pairin Pairin

Abstract


Pentingnya aspek afektif pada setiap anak pada jenjang pendidikan sangat dipengaruhi dengan adanya perkembangan spritual anak, salah satunya aspek pengenalan materi sujud. Anak semakin matang dalam aspek ibadah manakala terbiasa menjalankan dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan peningkatan hasil belajar siswa pada Materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah pada siswa kelas VII di SMPN 4 Kotawaringin Lama dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Metode penelitian pada Penelitian tindakan kelas ini adalah kualitatif melalui observasi dan tes. Jenis penelitian PTK. Kondisi awal yang menggunakan metode klasikal hanya mendapatkan ketercapaian 10% dari siswa yang jumlahnya 21 anak, setelah diadakan model PBL pada proses pembelajarannya, hasilnya siswa mengalami sebuah peningkatan 45% di siklus I. Hasil observasi aktivitas guru telah menunjukkan penggunaan Model PBL sehingga mengalami ketuntasan 100% dengan poin rata-rata 88,66 pada siklus II, sehingga disimpulkan dengan adanya model PBL mampu meningkatkan hasil belajar di SMPN 4 Kotawaringin Lama terutama pada kelas VII a untuk materi sujud syukur, sujud sahwi dan tilawah

Full Text:

PDF

References


Amir, M. T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Agus. 2021. https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721375668/asyiknya-belajar-makna-salat-dengan-metode-project-based-learning

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Renika Cipta.

Arif, R. 2009. Media Pendidikan. Bandung: CV. Alfa Beta

Arum, Dyah. 2013. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/25689

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Halonen. 2010. Problem Based Learning.Tidak diterbitkan

https://sman1marikit.sch.id/berita/detail/421274/9-model---model-pembelajaran-di-abad-21/. 2022

https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-problem-based-learning.html#google_vignette

Jacub, 2018. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/126

Maruf, 2023. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/73168

Rahmat, 2018. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/12955

Shoimin, Aris, 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Tibahary, 2018. E-jurnal.stkipdamsel.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.