PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 4 MADUREJO

Nurul Hidayat

Abstract


Penggunaan metode pembelajaran sangat diperlukan dalam teknik pembelajaran. Dengan adanya metode pembelajaran langkah penyampaian pembelajaran lebih efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta meningkatan hasil belajar siswa dengan metode mind mapping pada siswa Kelas IV SDN 4 Madurejo semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Bentuk Penerapan penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi  dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Madurejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024, berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Perolehan Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Isilam kelas IV di SDN 4 Madurejo mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dalam perbedaan aktivitas siswa pada Siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal di siklus hanya 4 siswa atau 20,00% siswa yang aktif. Jumlah ini meningkat menjadi 10 siswa atau 50% pada siklus 1, dan 90% atau 18 siswa pada siklus II.  Peningkatan hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari  nilai rata-rata pada kondisi awal hanya 54,00, meningkat  menjadi 65,00 pada siklus 1, dan mencapai rata 76,00 pada siklus II. Sehingga dapat  ditarik disimpulkan bahwa semua indikator dan kriteria keberhasilan sudah tercapai pada siklus kedua sehingga pola  perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas

Full Text:

PDF

References


Alfred L dan Lilik Sriyanti. 2010. Penulisan Karya Ilmiah. STAIN Salatiga

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arief, Armai. 2003. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

De Porter, Bobby, Mark Reardon, & Sarah Singer-Nourie. 1999. Quantum

Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemehan oleh Ary Nilandari. 2008. Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka.

De Porter, Bobby, & Mike Hernacki. 1992. Quantum Learning: Membiasakan

Pelajaran Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. 1999. Bandung: Penerbit Kaifa.

Maharyanto, Bambang, & Syamsul Arifin. 2007. Kamus Lengkap 9 Milyar

Inggris-Indinesia Indonesia-Inggris. Solo: CV Buana Raya.

Majid, Abdul dan Dian Handayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis

Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun

tentang Standar Kompetensi Lulusan. 2008. Jakarta: Direktoran Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rachman, Maman. 1993. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Resta T, Asrin, dan Itsna .2021. Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind mapping Mataram : FKIP –Universitas Mataram

Rasjid, Sulaiman, H. 2002. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo .

Supiana dan Karman. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarifudin,Amir. 2003. Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta Timur: Prenada Media.

Taswin, Ahmad, Khabib Basori, & Nur Khoiro Umatin. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Cempaka Putih.

Tim Penyusun. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: PT Kloang Kede Putra Timur.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan

Zakat. 1999. Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarkat Islam dan Urusan Haji. Az-Zaibidi, Imam. Tanpa Tahun.

Ringkasan Shahih Al-Bukhari. Terjemahan oleh Cecep Syamsul dan Ashoff Murtadha. 2004. Bandung: PT Mizan Pustaka

Susanti, Sri. "Metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1.1 (2016): 25-37.

Dandi, Dandi, Khalid Ramdhani, and Ajat Rukajat. "Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) di smp islam karawang." ansiru pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7.1 (2023): 213-219

Winanto, Adi, and Darma Makahube. "Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6.2 (2016): 119-138.

Gie, The Liang, Cara Belajar Yang Efisien, Pusat Kajian Study Jogja : 1988

Mafrudah, M. (2020). Peningkatan prestasi belajar al-qur’an hadits melalui metode mind mapping pada siswa kelas vii a mts negeri 4 bantul tahun pelajaran 2019-2020. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(2), 207-218.

Hasriani, H. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Bambalamotu. Jurnal Guru dan Pendidikan Islam, 1(1), 1-20.

Harjanti, N. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson dengan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Kolombo Sleman Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA)..

Nurazizah, E., Nuraeni, Y., Wahyudin, W., & Fitriyantiny, F. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.