PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SDN 2 MENDAWAI

Nely Fathonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV di SDN 2 Mendawai setelah diterapkan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Mendawai Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 orang dan objek penelitiannya adalah hasil belajar PAI pada materi Asmaul Husna. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada Siklus I ke siklus II semakin meningkat dari kategori cukup baik menjadi sangat baikĀ  Persentase hasil belajar PAI pada Pra Siklus sebesar 52,38%, pada siklus I sebesar 71,43% dan pada siklus II sebesar 95,24%. Peningkatan hasil belajar PAI pada Pra Siklus ke Siklus I sebesar 19,05 %, selanjutnya pada Siklus I ke Siklus II sebesar 23,81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV di SDN 2 Mendawai

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2014.Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Esminarto dkk. 2016. Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/2

Hasanuddin, Zainal. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V SD Sekolah Alam Bangka Belitung.

https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/1004

Isjoni, 2009. Cooperatif Learning meningkatakan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Bandung: Pustaka Belajar

Omrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan. Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Rusman, 2013. Role Playing (Metode Bermain Peran). (Bandung: Pustaka Setia

Sanjaya, Winna. 2011 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Solihatin, Etin.2007. Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Suparmini, Made. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar . Di akses dari

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31559

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Syamsuri. 2020. Penggunaan Metode STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Di akses dari https://cahaya-ic.com/index.php/JPAII/article/view/60

Umaedi , Hadiyanto, Siswantari.2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.