PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN SISWA SDN 5 MADUREJO

Muthaharah Muthaharah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual dalam materi rukun iman pada sisiwa kelas I SDN 5 Madurejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan siswa dalam proses belajar, hasil tes belajar siswa,. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada pretest siklus I dengan nilai rata-rata 53,27, Pada peostest Siklus I dengan nilai 57,51. Pada preetest siklus II memperoleh nilai rata-rata 62,41 dan postest Siklus II dengan nilai 75,68 . Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Dari hasil analisis siklus II juga membuktikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan belajar selama dua siklus dan telah tuntas 76% berdasarkan nilai KKM.  Hasil observasi pada siklus I bahwa  aktivitas guru diperoleh 59.9%  dengan penggunaan media audio visual pada materi rukun iman di kelas I SD Negeri 5 Madurejo kriteria cukup. Aktifitas siswa terhadap aspek yang diamati memiliki nilai 64. Jadi dapat dinyatakan aktivitas pada pembelajaran dilaksanakan dengan penggunaan media audio visual pada materi rukun iman di kelas I SD Negeri 5 Madurejo pada kategori cukup. Dan pada Hasil Observasi pada Siklus II dapat dinyatakan aktivitas guru diperoleh 79,6% sedangkanaktivitas siswa memperoleh nilai 82 berkriteria baik.

Full Text:

PDF

References


Sukewi. 1994. Proses Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Semarang

Mahmud & Tedi Priadi, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Sahifa, 2005), hal.15.

B. Uno, Hamzah, dkk,. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haryoko, Sapto. “ Efektifitas PemanfaatanMedia Audio-Visual Sebagai AlternatifOptimalisasi Model Pembelajaran”. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5, (1):2009.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Edisi Revisi). Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajawali Pers. Mahmud & Priadi, Tedi. 2005.

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran, (Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada. 2013), h. 16-18

Rizki Ananda. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017, h 25-26.

Sudaryono.Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta. Prenadamedia Group. 2016), h 90.

Djamarah Syaifudin Bahri, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta. 2010), h.124

Sukardi, 2009, Evaluasi PendidikanPrinsif & Oprasionalnya. Jakarta. PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.