KEMAMPUAN MENYEBUTKAN MAKANAN HALAL DENGAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE DI TK ISLAM TERPADU AZ ZAHRA

Adi Rahmatullah Safa

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik belum menguasai pelajaran PAI materi Makanan Halal dalam Kehidupan Sehari-hari yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi tersebut. Hal ini disebabkan karena peserta didik masih takut untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru secara lisan oleh guru dan model yang digunakan guru belum dapat memotivasi dan meningkatkan keberanian anak untuk tampil dalam mengungkap pertanyaan maupun menjawab pertanyaan.Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar PAI tentang makanan halal dalam Kehidupan Sehari-hari dengan menggunakan Model Pembelajaran picture and picture.

Tujuan Penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar PAI tentang makanan halal dalam Kehidupan Sehari-hari dengan menggunakan Model Pembelajaran picture and picture. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Terpadu Az Zahra pada kelompok B semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yaitu aktivitas guru dan siswa, dan analisis data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Siklus I mencapai skor 50 dengan prosentasi 59% kriteria “cukup berhasil” dan Siklus II mencapai skor 73 denganprosentasi 86% kriteria “Sangat berhasil”. Aktivitas motivasi siswa pada Siklus I mencapai kriteria “cukup berhasil” skor 47 dengan prosentasi 52% dan Siklus II mencapai kriteria “Sangat berhasil” skor 79 dengan prosentasi 88%. Pada Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 34,79% dan pada Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa 78%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.