PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PAI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMPN SATU ATAP 1 KATINGAN HILIR

M. Fitriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning pada materi beriman kepada kitab-kitab Allah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisa  hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru dan hasil  kemampuan awal melalui pra siklus rata -rata hasil belajar siswa hanya 61,26%, kemudian setelah siswa mengikuti model discovery learning dengan menggunakan pretest mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa 66,57% dan setelah siklus I dilaksanakan dari prasiklus ke siklus 1 mengamalami peningkatan 5,31% dan siklus II  mengalami kenaikan yaitu 75,47% dari hasil posttest

Full Text:

PDF

References


Ainun Azzahra, Siti.2016. LKS Pendidikan Agama Islam untuk Kelas VIII SMP/MTS

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi IV . Jakarta: RinekaCipta.

Daud Ali, Mohammad. 2008. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, KamusBesarBahasa Indonesia, Jakarta: 1995.

Fathurrohman, Muhammad,. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Depok Seleman Yogyakarta :Teras.

Gulo,W. dalam bukunya Putra. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Langgulung, Hasan. 1980, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif

Muin, Abdul. 2008. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jakarta: Cipta Jaya.

Purwadarminta. 1982. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sanjaya, Wina. Dalam bukunya Putra. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar poses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Silberman, Mel. 2007. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani

Sumadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syafaat, dkk. 2008, Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)

Trianto. 2012. Mendesain model pembelajaran inovatfi-progresif: konsep, landasan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Drs. Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 2010,

Sholeha, Dewi. "Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning." Indonesian Journal of Teacher Education 2.1 (2021): 218-225.

Alfitry, Shilfia. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Se-kecamatan Rumbai Pesisir. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Nurmaidah, I. A., Surana, D., & Rachmah, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Model Discovery Learning. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 69-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.