PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SDN 1 UMPANG

Kastini Kastini

Abstract


Hasil belajar peserta didik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan dan tercapainya tujuan pendidikan. Metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif dapat berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Diskusi merupakan salah satu cara yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode diskusi pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Umpang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Umpang yang berjumlah 15 orang. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui serangkaian tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang bersifat kuantitatif. Berdasarkan observasi menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa kelas IV SDN 1 Umpang mencapai peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan siswa yang aktif bertanya dan mempresentasikan hasil diskusi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 33,3%. Peserta didik yang mencapai kriteria berhasil pada siklus I sebesar 60%, meningkat menjadi 87% pada siklus II. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari persentase awal yang direncanakan ketuntasan belajar minimum secara klasikal yaitu 75%.

Full Text:

PDF

References


Azra, Ayumardi, 1999, Pendidikan Islam dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos Wacana

Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Haryanto, Dany dan Yudhawati, Ratna, 2011, Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan, Jakarta : Prestasi Pustaka

Hobri, 2009, Model-model Pembelajaran Inovatif, Jember : Center for Society Studeies

Nariwati, Umi, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif : Teori dan Aplikasi, (Jakarta : 20008)

Pakaya, F.A, Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi, Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 5(3), 193-198, https://doi.org.//http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Riyanto, Yatim, 2009, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta : Kencana

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bandung: Alfabeta. 2012). Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung: Remaja Rosdikarya

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,( Sinar Baru : Algesindo, 1995).

Sudjana , 2004, Penelitian Hasil Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya

Surachmad, W., 1997, Pengantar penelitian Ilmiah, Bandung : Tarsito

Syaidina Umar (2002), Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Zakat pada Peserta Didik Kelas IX-A SMP Hang Tuah 3, Jakarta : Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, E-ISSN : 2808-4918 P-ISSN : 2088-5116


Refbacks

  • There are currently no refbacks.