PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Cooperative Learning Tipe jigsaw dan mengetahui peningkatan hasil belajar PAI dalam materi Asmaul Husna melalui Model Cooperative Learning Tipe jigsaw kelas IV SDN 3 Madurejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.subyek yang di teliti berjumlah 24 siswa dan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Ketuntasan belajar siswa pada proses prasiklus yaitu sebesar 41,33%, kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran siklus I dengan penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw ada peningkatan persentase ketuntasan belajar menjadi 67,50%. Persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi sebesar 98,33%. Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, ( Jakarta : Kencana, 2009), H, 26
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Reja Grafindo Persada.
Agus Suprijono. 2009-2014, Cooperative Learning: teori dan Aplikasi PAIKEM
Jihad, Asep. Haris, Abdul Evaluasi Pembelajaran;--cet. 1- Yogyakarta : Multi Prassindo,2012
Hermawan, Heris. Filsafat Pendidikan Islam. (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam: Kementrian agama RI, 2012), hal 111.
Refbacks
- There are currently no refbacks.