PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 MISNU TROPODO

Moch Saiful, Abdullah Abdullah

Abstract


Menurut data hasil evaluasi peserta didik MISNU Tropodo Tahun pelajaran 2023-2024 daya serap terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sangat rendah. Pada kondisi awal pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam , hasil evaluasi yang dicapai sebanyak 15 dari 28 peserta didik tidak memenuhi KKM yang ditentukan  yaitu di bawah 75. Hal ini disebabkan karena di dalam kegiatan belajar hanya mengandalkan teori dan kurang menyadari pentingnya pendekatan pembelajaran yakni metode dan model  pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam melalui model inquiry learning pada peserta didik kelas 3 MISNU Tropodo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data deskriptif kualitatif, melalui observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya melalui Triangulasi Data. Berdasarkan hasil penelitian pada (pra siklus) peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran adalah 1 dari 28 peserta didik atau 3,6% dan peserta didik yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 27 dari 28 peserta didik atau 96,4%. Sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan 82,1% > 17,9%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa peserta didik kelas 3 MISNU Tropodo telah tuntas dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2013). Pandangan Orangtua Terhadap Pendidikan Anaknya (Studi Kasus Pada Petani Yang diduga Kurang Memperhatikan Pendidikan Anaknya di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala) [IAIN Antasari]. http://idr.uin-antasari.ac.id/30/

Ayub. “Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2

Barembang Muaro Jambi”, dalam http://repository.uinjambi.ac.id. diakses pada tanggal 1 Agustus 2023 pukul 20.03 WIB.

Hanifah, Nurdinah. 2014. Memahami Penelitian Tindakan Kelas Teori & Aplikasi. Bandung : UPI Press.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mustofa, Bisri. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Permendikbud. Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Permendikbud, No 22 2016.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Uno, B Hamzah. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.