PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA QS. AL-HUJURAT 49:13 MELALUI METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IV SDN 1 MENDAWAI SEBERANG

Hastini Raini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca QS. Al-Hujurat 49:13 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Mendawai Seberang dengan jumlah murid 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dalam pembalajaran dan lembar skor penilaian keterampilan membaca. Aspek aktivitas yang diamati dalam proses pembelajaran yaitu siswa mengamati media pembelajaran, aktif bertanya pada guru dan teman dalam kelompok serta aktif menjawab pertanyaan teman. Pada siklus I aktivitas siswa mengamati media pembelajaran sudah termasuk kategori “sering”, sementara aktivitas bertanya pada guru dan teman dalam kelompok masih kategori “kadang-kadang”, adapun aktivitas menjawab pertanyaan teman mendapat kategori “tidak pernah”. Setelah dilakukan siklus II seluruh aktivitas siswa menjadi kategori “sering”. Berikutnya peningkatan kemampuan membaca QS Al-Hujurat 49:13, pada siklus I sampai siklus II ketuntasan siswa adalah 62,5% menjadi 87,5%. Sementara siswa yang tidak tuntas dari siklus I ke siklus II menurun yaitu 37,5% menjadi 12,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya mempengaruhi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran serta menunjukkan peningkatan kemampuan membaca QS Al-Hujurat siswa kelas IV SDN Mendawai Seberang

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, dkk. 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. 2023. Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya.

Hamalik, oemar., (2009), Proses Belajar Mengajar, penerbit PT bumi Aksara, Jakarta.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Lestari. Yusni Eka. 2016. Penerapan Strategi React (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, And Transfering) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia -perpustakaan.upi.edu.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi-Materi. Jurnal Eksis, 8(1), 2053-2059.

Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Cetakan ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.