PENERAPAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR THAHARAH SISWA KELAS VII MTS HIDAYATUL MUBTADIIN KUTAI KARTANEGARA

Enik Mucholifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, hasil wawancara, lembar soal tes akhir siklus, catatan lapangan dan dokumentasi. Tempat Penelitian di kelas VII MTs Hidayatul Mubtadiin Kutai Kartanegara. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa, dapat terlihat pada siklus I, Pada siklus I rata- rata hasil belajar siswa sebesar 61,33 atau naik menjadi 33,00 % Selanjutnya pada siklus II rata- rata hasil belajar siswa sebesar 81,00 dan mengalami peningkatan sebesar 56,00% , melihat dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) peneliti nilai cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar rata-rata efektifitas belajar siswa, semakin besar pula rata-rata nilai tes hasil belajar siswa, dan sebaliknya.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Nurhayati. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (problem based Instruction) dalam pembelajaran matematika di SMU. dalam Jurnal Pendidikan dan kebudayaan Jakarta, November 2004 Tahun ke-10, No.051.

Ahmadi, Abu. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991

AM, Sadirman. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008. Anas, Sudjiono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada, 1996

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara,

edisi revisi, cet,6.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Daldjoeni, N. Dasar- dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni,

,

Dasna, I wayan, Sutrisno, Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).

dari hp://lubisgrafura.wordpress.com.

Departemen Pendidikan Nasional, UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang

Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung : Citra Umbara. Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,2008.Cetakan

ke-8.

Anwar, H. Moch. Fiqih Islam Tarjamah Matan Taqrib, (Bandung: PT Almaarif,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.