PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI RUKUN ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS 1 MIS DARUL ULUM PUTERA

Jum’ah Jum’ah

Abstract


Penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar fiqih kompetensi dasar Rukun Islam pada siswa kelas 1 di MIS Darul Ulum Putera Amuntai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar pelajaran fiqih materi rukun Islam pada siswa kelas 1 MIS Darul Ulum Putera Kembang Kuning Amuntai Tengah. Penelitian ini menitik beratkan pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa, aktivitas siswa serta kinerja guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu urutan pembelajaran. Tindakan pada penelitian ini ada lima langkah yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan 2 siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil evaluasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih mengalami peningkatan, hasil belajar pada pra siklus siswa kelas 1 sebagai berikut : dari 20 siswa yang memperoleh nilai sangat kurang sebanyak 9 orang atau 65,51%, katagori kurang sebanyak 6 siswa atau 20,69%,Katagori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,90%, Katagori baik 0 siswa atau 0,00%, Katagori baik sekali 2 siswa atau 6,90%, pada siklus 1 terdapat 6 siswa katagori baik sekali 48,28%, siswa berkatagori baik 3 siswa 10,34%, siswa berkatagori cukup 11 siswa 37,93%, siswa berkatagori kurang sekali 1 siswa 3,45%, pada siklus 2 terdapat 10 siswa berkatagori baik sekali 62,07%, berkatagori baik 9 siswa 34,48%, sedangkan sisanya berkatagori kurang 1 siswa 3,45% dikarenakan siswa ini tidak lancar membaca dan menulis. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus keaktifan siswa 6,90 % sedangkan 65,51% siswa pasif, siklus 1 keaktifan siswa 48,28% siswa yang pasif sebanyak 3,45%, siklus 2 keaktifan siswa pada kelas 1 dalam pembelajaran fiqih mencapai 62,07% ( sangat baik ).Hasil pengamatan pada kinerja guru pada siklus 1 88% dengan kriteria baik dan pada siklus 2 kinerja guru mempunyai presentasi 94% dengan kriteria sangat baik atau (A).


Full Text:

PDF

References


Aziz, Rahmat,M.Si, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, www.azirahma.blogspot.com,

Arikunto, Suharsimi, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI

Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang- ruang Kelas, (Jakarta: Grasindo, 2008).

AgusSuprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Yogyakarta;pustakaPelajar, 2009),

AnikeErlienaArindawati,Dkk, Beberapa Alternatif pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Malang: Bayumedia Publishing).

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP

Curran,Lorna, 1994, model pembelajaran Make a match, wyw1d.wordpress.com › Pembelajaran

ConnySemiawan dkk, Pendekatan Keterampilan Proses.Dikutip dari Makalah Metodologi Pengajaran PAI “Metode Two Stay Two Stray”, (Kelompok IV, 2012).

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : bp Pustaka Candra

Departemen Pendidikan Nasional, Konsep PAKEM, www.akhmadsudrajat.wordpress.com,

Eko Purnomo Jati, Kamus Lengkap, (Amuntai : Karya Ilmu, 1993), Ismail.Strategi pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan . (Semarang:

RaSAIL Media Group, 2008),

Kembara, Maulia D., M. Pd, Panduan Lengkap Home Schooling, Bandung:

Proggressio, 2007,

Laksmi Dewi, Masitoh, Strategi pembelajaran. (Peningkatan Kualifikasi Guru

MI dan PAI pada sekolah )

Nanang Hanafiah & Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran Cet ke-3,

(Bandung: PT RefikaAditama, 2012),

Nur Indahwati, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make a match

untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata elajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum di SMA Kertanegara Malang.( Skripsi, FE UM. 2009)

Pupuh Fathurrohman, Strategi Belajar mengajar , (Bandung: PT RefikaAditama, 2007)

Rukmana. Penerapan Metode Pembelajaran Make a match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran Pada Mata Pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di SMK Islam Batu.( Skripsi, FE UM. 2010),

Rohani, Pengelolaan pengajaran. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004), Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

SyaifulBahriDjamarah, Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Cet ke-3, (Jakarta :Rineka Cipta, 2012),

Syurfah, Ariany, 2007, Multipple Intelligences for Islamic Teaching, Bandung:Syamil Publishing

Shihab, M. Quraish, Lentera Hati, Bandung; Mizan, 1996, Cet. VI, SyaifulBahriDjamarah, Psikologi Belajar,(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002) Tarmizi, Pembelajaran Kooperatif “Make a match”, www.tarmizi.wordpress.com

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Ed. 1. Cet. 2,Jakarta : Kencana, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.