PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ZAKAT FITRAH KELAS V MIS AL-ISTIQAMAH

Syahruddin Syahruddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di MIS Al-Istiqamah Guntung Manggis Kota Banjarbaru, yaitu rendahnya hasil belajar dan profil gotong royong serta profil taadub siswa Kelas V pada materi zakat fitrah, sehingga perlu di coba metode discovery learning yang menurut hipotesis penulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah yang diteliti dirumuskan, apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, apakah persentase siswa yang memiliki profil gotong royong dapat dikembangkan, apakah persentase siswa yang memiliki profil taadub dapat dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat tindakan kelas. Penelitian ini dimulai pada bulan Juli hingga Agustus 2023 dalam 2 siklus dan 1 kali pertemuan pada siswa Kelas V yang berjumlah 15 orang. Data digali melalui hasil observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam materi zakat fitrah di Kelas V MIS Al-Istiqamah dengan metode discovery learning telah meningkat dibuktikan dengan ketuntasan individual pada akhir siklus II sebanyak 14 orang dan ketuntasan klasikal mencapai 93,33%. Ini berarti ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal telah tercapai. Pada profil gotong royong peningkatan dibuktikan dengan peningkatan persentase profil gotong royong siswa pada kategori cakap pada tiap siklus. Pada akhir siklus II mencapai 100%. Peningkatan profil taadub dibuktikan dengan peningkatan persentase profil taadub siswa pada kategori cakap pada tiap siklus. Pada akhir siklus II mencapai 93,33%. Berdasarkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, persentase profil gotong royong dan profil taadub pada kategori cakap, maka PTK dianggap berhasil, sehingga hipotesis PTK ini dapat diterima.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Chairil. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih di Kelas VIII MTS. Darul Maarif Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah. Jakata.

Dewi Indah Pratiwi, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu. Bengkulu:,tp. 2019.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar Bandung: CV Pustaka Setia. 2011.

Heruman. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (Ramdhani Boyke,

Ed). Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2008.

Karya Tulisku. 2020. Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Peningkatan

Hasil Belajar Matematika Melalui Media Patung.

hps://karyatulisku.com/contoh-penelitian-tindakan-kelas-ptk-sd/

Keputusan Menteri Agama No 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta : Depag

Materi Pelatihan Guru Kemendikbud. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.

Nata, Abudin. 2009. Metodologi Studi Islam, Ed. Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ramadani, Marina., dkk. 2017. Instrumen Evaluasi Model CIPP pada Penerapan Penilaian Kinerja Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Yogyakarta

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Salimiya. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Zakat Fitrah dengan Metode Discovery Learning Kelas V MI At-Taqwa Tanjung Rejo Kebonsari Madiun. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, I. hps://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

Sulfiati. 2021. Proposal Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Zakat Fitrah Kelas V di Madrasah Al-Ikhsan Tahun Pelajaran 2021-2022. UIN Sunan Ampel. Surabaya.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2004.

Syarifuddin, Amir. 2008. Ushul Fiqih Jilid I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Kamus Besar

Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka: 1998)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional, 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.