PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TANDA-TANDA BALIGH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV MIN 2 TANAH LAUT
Abstract
Pembelajaran konsep sistem peredaran darah pada manusia di MIN 2 Tanah Laut selama ini masih menggunakan metode ceramah. Saat pembelajaran, siswa pasif, ketuntasan hasil belajar siswa masih di bawah standar. Melalui penerapan pembelajaran Model Problem Based Learning, bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan model problem based learning, (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model problem based learning, dan (3) untuk menggambarkan hasil pembelajaran fikih dengan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan pemecahan masalah melalui problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I, nilai rata-rata pretest adalah 36,60 dan nilai rata-rata posest adalah 65,67. Untuk siklus II, nilai rata-rata pretest yaitu 46,78 dan nilai rata-rata posest yaitu 83,03. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada nilai N-gain, yakni N-gain siklus I adalah 0,593 sedangkan N-gain siklus II adalah 0,713. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih dengan menggunakan model problem based learning dirasa sudah maksimal karena pencapaian ketuntasan nilai KKM mencapai 89,28%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aloysius, Suyitno, Sukirman, Nurul K, Budi P, Naryoko, Pathul D, Romulus Tampubolon dan Eka D. 2007. IPA 2 Terpadu SMP/Mts Kelas VIII. Jakarta: Yudhistira.
Chotimah, Husnul & Yuyun Dwitasari. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.
Djamarah, S.B dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful. 2000. Pskologi Belajar. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar, Tipe Meningkatkan Pencapaian
Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Supramono. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penerapannya dalam
KBM dengan Model PBI untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Berpikir Siswa SD. Disertasi Universitas negeri Malang (tidak dipublikasikan).
Susilo, H., Husnul C, dan Yuyun D. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.
Tim Ahli JICA. 2009. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Internasional Development center of Japan. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.