PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUJUD SYUKUR, SAHWI, TILAWAH DI SMPN 5 KATINGAN HILIR

Dien Hamidah

Abstract


Peran metode demonstrasi adalah untuk memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mempraktekkan sehingga siswa dapat dengan mudah meniru, memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik dalam menerapkan metode demonstrasi, dan peningkatan hasil belajar materi sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, subjek pada penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas VII SMPN 5 Katingan Hilir dengan materi sujud sahwi, syukur dan tilawah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa pada Siklus I ke siklus 2 semakin meningkat dari kategori cukup baik menjadi sangat baik. Persentase hasil belajar PAI pada Pra Siklus sebesar 52,39%, pada siklus I sebesar 71,43% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Peningkatan hasil belajar PAI dari prasiklus ke Siklus I yaitu 71,43%, dengan jumlah peserta didik yang belum tuntas sebanyak 28,57%. Setelah diadakan Siklus 2, hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 28,57% sehingga ketuntasan menjadi 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 5 Katingan Hilir

Full Text:

PDF

References


Arikunto.S 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, H.M 2009.Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Wacana Prima.

Fathurrahman, 2010, Metode Demonstrasidan Eksperimen,

Listianti Irma, 2014, Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mataeri Jama' Qashar Kelas VII Mts, Tangerang Selatan, Quasi Eksperimen di Mts Islamiyah Ciputat)

Sya'diyah.W, Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Wudhu Melalui Metode Demontrasi, STAIN Salatiga, 2012

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), hlm. 97-99.

Niam, Ahmad Fitahun (2018) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sujud Syukur Dan Sujud Tilawah Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Viii A Semester I Mts Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA. Dikutip dari http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4239

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Rosdakarya, 2002), Cet.II, hlm. 76.

Marfuah Maharati, 2018. Bagaimana Seharusnya Sujud Syukur, Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.

Muslim, Imam, 2002, Sahih Muslim. Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, Nirmala, Andini, Pratama, A, Aditya, 2003, Kamus Lengkap Bahas Indonesia, Surabaya: Prima Penerbit Surabaya, Cet. I.

Purwanto Ngalim, 2007, Psikologi Pendidikan, Bandung PT. Remaja Rosdakarya, Cet. 23

Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

RI, Departemen Agama 2012, Al-Qur 'an dan Terjemahannya, Jakarta: PT.

Sinergi Pustaka Indonesia,

Sudjana Nana, 1999, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung PT Rosda Karya,

Taufik (2020) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi Materi Sujud Syukur, Sujud Sahwi dan Sujud Tilawah Kelas VIII G SMPN 85 Jakarta Pondok Labu Selatan. Skripsi (S1) thesis, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Di akses dari http://repository.umj.ac.id/id/eprint/4687

Fathurrahman, 2010, Metode Demonstrasidan Eksperimen, http://udhiexz .wordpress .com/2008/08/ 08/metodedemonstrasidan eksperimen

herfiana, Herfiana (2022) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VIII A MTs DDI Lil-Banat kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE. Di akses dari http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4652


Refbacks

  • There are currently no refbacks.