PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATERI HUKUM SYARI DI MAN 3 HULU SUNGAI TENGAH

Ahmad Jumaidi

Abstract


Proses kegiatan belajar mengajar kadang dapat memunculkan beberapa permasalahan, terutama saat ada kegagalan dalam proses berkomunikasi ketika berdiskusi di kelas, dimana materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik tidak dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Dalam rangka menghindari masalah tersebut, maka pendidik harus melakukan upaya-upaya perbaikan dalam menyusun rencana pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran jigsaw akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dilihat berdasarkan persentase hasil belajar siswa setelah mendapat nilai pada tahap evaluasi, yaitu nilai rata-rata siswa-siswi pada siklus I ini adalah 82,5 dengan persentase sebesar 91,7% untuk siswa-siswi yang nilainya mencapai KKM dan pada siklus II didapatkan nilai rata-rata sebesar 89,166 dimana nilai rata-rata siswa ini lebih tinggi dari nilai sebelumnya pada siklus I dengan persentase sebesar 100% untuk siswa-siswi yang nilainya mencapai KKM.


Full Text:

PDF

References


Alhakim, M.M. 2022. Meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran fikih melalui metode pembelajaran jigsaw di kelas XII agama madrasah aliyah darul huda mayak ponorogo tahun ajaran 2022/2023. Ponorogo: IAIN Ponorogo. Skripsi.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2016. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Asary, A. M. Shoiful Muchlish & Masruri Muhammad. 2020. Fikih kelas XII MA

peminatan keagamaan. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Aziz Muhammad. 2020. Ushul fikih kelas XII MA peminatan keagamaan.

Jakarta: Kementerian Agama RI.

Jihad Asep dan Haris Abdul. 2005. Evaluasi pembelajaran. Jakarta: PT Multi

Press.

Marifah Zuni. 2017. Peningkatan hasil belajar Fikih materi shalat fardhu dan sujud

sahwi dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII semester I MTs Maarif 2 Grabag Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Salatiga: IAIN Salatiga. Skripsi.

Moleong, L.J. 2014. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohim Khairi. 2014. Implementasi model pembelajaran cooperative teknik jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Maarif Bigaran Borodudur Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Skripsi.

Sanjaya, Wina, 2010. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, Imran & Firmasyah, A. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui

strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 3, 1. h 90-103.

Wirakusuma Ardi. 2018. Meningkatkan kerjasama siswa dengan metode jigsaw dalam bimbingan klasikal. Jurnal Konselor, 7, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.