PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SUJUD SYUKUR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII MTSN 9 HULU SUNGAI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar materi sujud syukur siswa kelas VIII MTsN 9 Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2023 dengan subyek penelitian 20 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui pre test dan post test dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil post tes yang meningkat disbanding pretes, dan tercapainya juga nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) mencapai 90%. Dari hasil penilitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran fikih.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas . Yogyakarta: Cipta Media.
Al-Juzairi, A. (1996). Fiqih Empat Majhab . Jakarta: Daarul Ulum Press. Al-qurtuby, S., & Mahfudz, S. (2000). Era Baru Fiqih Indonesia. Yokyakarta:
Cermin.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Arikunto, & suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep, J., & Haris, A. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Multi Press. Darajat, Z. (1995). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Depag RI. (2003). Al-qur'an dan Terjemah. Bandung: Diponegoro.
Depag RI. (2005). Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Standar Kopetensi. Jakarta:
Depag RI.
Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hasan, A. (1999). Bulughul Maram. Bandung: Diponegoro.
Hidayat, A. (2015). Fiqih. Jakarta: Kementerian Agama.
Hidayat, A. (2015). Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian
Agama.
Hopkins, D. (1993). A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open
University Press.
Isro'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:
Bumi Aksara.
Jihad, A., & Haris , A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Jumantoro, T., & Munir, S. (2005). Kamus Ilmu Ushul Fiqih. Jakarta: Rineka Cipta. Kusuma, W. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Indeks. Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor – factor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanto. (1996). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Angkasa. Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Kontrutivistik.
Surabaya: Prestasi Pustaka Publiser.
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Dirjend
Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.
Zuni, M. (2017). Peningkatan hasil belajar Fikih materi Shalat fardhu dan sujud sahwi
dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII Semester 1 MTs Ma’arif 2 Grabag Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Salatiga: IAIN Salatiga. Skripsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.