PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI PENYELENGGARAAN JENAZAH DI MA MIFTAHUL ULUM
Abstract
Latar belakang pendidikan yang berasal dari Lembaga Pendidikan yang berbeda akan memunculkan karakteristik yang berbeda pula. Untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif dan kritis pada pelajaran Fikih khususnya materi penyelenggaraan jenazah masih terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, antara lain peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, malu bertanya serta kurang minat dalam mengerjakan tugas yang di berikan guru. Maka bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana objek peneliti hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, adapun dalam metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian, dan hasilnya adalah sebagai berikut, setelah menerapkan model Problem Based Learning maka diketahui peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I hanya 65% dengan nilai rata- rata kelas 73,5. dan pada siklus II adalah 90 % dengan nilai rata-rata 83,5 maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat peningkatan hasil belajar Fikih materi penyelenggaraan jenazah siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di MA Miftahul Ulum.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., & Dkk. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif : Teori dan Panduan Praktis. Sonpedia Publishing Indonesia.
Apdoludin. (2023). Model-Model Pembelajaran Berbasis Scientific Approach. Lakeisha.
Aprianto, M. T. P., Ulfa, S., & Husna, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Pengurusan Jenazah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 1–118.
As’ad, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Materi Penyelenggaraan Jenazah Bagi Peserta Didik Kelas X Ma Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 1633–1646.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 10(2), 351–369.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1).
Lestari, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII A Di MTs Hidayatul Muhsinin Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 5(2).
Nata, A. (2008). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.
Pamungkas, T. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Guepedia.
Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas Viii F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 1–100.
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 242–248.
Rosmita, A., Nasution, H. N., & Ahmad, M. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 19–29.
Sadirman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
Saputra, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Perpustakaan IAI Agus Salim, 1–9.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2020). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Ejournal UIN Imam Bonjol Padang, 107–117.
Sudjono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Sugiati, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Memahami Materi Surah Al-Kafirun Menggunakan Pemebelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Prosiding: Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1),
–527.
Toharudin, M. (2021). Penelitian tindakan Kelas Teori dan Aplikasinya untuk
Pendidik yang Profesional. Penerbit Lakeisha. hps://books.google.co.id/books?id=C5w9EAAAQBAJ
Wardhono, A., & Istiana, Y. (2018). Prosiding Seminar Nasional 2018 Jilid 3: Memaksimalkan peran pendidik dalam membangun karakter anak usia dini sebagai wujud investasi bangsa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Refbacks
- There are currently no refbacks.