PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SHALAT IDAIN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV MIN 4 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Proses pembelajaran di dalam kelas hanya berfokus kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi; otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi, dan anak dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan nyata. sedangkan Guru kurang mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa MIN 4 Banjar sebabkan karena dari aspek Sekolah Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai seperti jaringan internet yang sering mengalami kendala. Aspek Guru Kurangnya kemampuan guru dalam pengembangan iptek Aspek Siswa Kurangnya minat belajar siswa. Dengan latar belakang tersebut, diperlukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Kelas IV MIN 4 Banjar. Rumusan masalah dalam penelitian tindak kelas ini adalah sebagai berikut: “Bagaimana peningkatan hasil belajar fikih materi shalat idain melalui model problem based learning (PBL) siswa MIN 4 Banjar kelas IV tahun pelajaran 2023/2024”. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana objek peneliti hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning, adapun dalam metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : dengan menggunakan model problem based learning hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MIN 4 Banjar mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dari siklus I nilai rata-rata post tes mencapai ketuntasan 75% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%.
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995
Departemen Agama Republik Indonesia. al-Qur’an dan Terjemahan. Semarang: CV Adi Grafika, 1994
Hafsah,MA. Pembelajaran Fiqh.Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2016 Mansir firman dan Purnomo Halim. Journal of Islamic Education Studies.
Volume V, Nomor 2, November 2020; p-ISSN: 2541-2051; online -ISSN: 2541-3961 Available online at hp://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan
Masykur, rizqillah Mohammad, Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019 Nasri, Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, Januari 2022; 64-78
hps://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Paizaluddin dan Ermalinda. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta, 2013
Sofyan, Herminarto dkk, Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press, 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.