PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN MATERI SHALAT DHUHA KELAS IV MI AL MUJTAHIDIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1)Aktivitas siswa menujukkan peningkatan yang signifikan pada siklus 1 dari nilai kualitatif aktivitas guru menunjukkan jumlah skor 35, rata rata skor 2,69 persentasi 67% dengan kaegori baik. Pada siklus I dari 12 anak 5 orang yang mendapat nilai 100 dan 5 orang anak mendapat nilai 60. Dari data diatas bahwa masih ada anak yang belum mencapai KKM. 2) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan . Pada Sklus I dari nilai kualitatif aktivitas siswa menunjukkan jumlah skor 18,86, rata rata skor 2,71, pesentase 67,7% dengan kategori baik . Pada Siklus II dengan jumlah skor 22, 54, rata rata skor 3,28 persentase 80,5% dengan kategori baik. Dari data diatas menunjukkan mengalami peningkatan 12,8% 3) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan signifikan . Pada siklus I Dari nilai rata rata kelas memperoleh nilai 60 dengan persentase ketuntasan 54% 12 anak mengalami peningkatan pada siklus II rata rata kelas memperoleh nilai 80 dengan persentase ketuntasan 89% atau 12 anak dari anak mulanya mendapat niali 60 dalam siklus II ini sudah mendapt 80 sehingga sudah memenuhi KKM.Sehingga di siklus II ini semua siswa yang berjumlah 12 orang sudah tuntas semua. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru wali kelas IV, dan guru penggampu mata pelajaran di kelas IV.
Full Text:
PDFReferences
A. Mawardi Syahid, 2014 Bagaimana Manusia Belajar Amuntai : CV, Himat Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian.
Depertemen Agama RI , Alqur ,an dan Terjemah nya, ( Bandung , CV Penerbit J-
Art 2004
M. Malyono, 1997, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka cipta
Sanjaya, Wina, 2010. Penelitian Tindakan Kelas.
Tim Penyusun ,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1990
Udin S Winataputra , dkk 2005 Strategi Belajar Mengajar . Jakarta Universitas
Terbuka
Undang – undang Republik Indonesia , nomor 20 tahun 2003 tentang system
pendidikan Nasional , citra umbara, bandung 2006
Refbacks
- There are currently no refbacks.