PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA

Ansari Dhaha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik, serta peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah diterapkannya model discovery learning pada mata Pelajaran PAI dan BP pada materi Asmaul Husna di SMP Negeri 1 Kumai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIC di SMP Negeri 1 Kumai yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan discovery learning ini mengalami peningkatan. Untuk hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori Baik dan Cukup dan terjadi peningkatan ada siklus II aktivitas gur dan siswa keduanya berada pada kategori Baik. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai pra siklus rata-ratanya 60,23, pada siklus I rata-ratanya 70,23, dan pada pertemuan siklus II rata-ratanya 82,73. Hasil analisis data siklus I dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa, pada siklus I didapat 60 Skor dengan rata-rata 4 dan siklus II 68 skor dengan rata rata 4,2

Full Text:

PDF

References


Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2007), hlm. 1.

M. Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014), hlm. 282.

Abdul Majid, Pembelajaran Tematik Terpadu, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014), hlm. 195.

Syah, Muhibbin, Metodologi PsikologiPendidikan, (Bandung PT. Remaja Rosdakarya, 2003).

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan, 2006).

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. (Jakarta: AV Publisher, 2009).

Fuad Efendi, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat. 2005).

Hadi, Amirul, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia. 2005).

Muhtadi Ansor, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya, (Yogyakarta: Teras. 2009).

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Jogjakarta: Diva Press, 2012).

Nurjamal, Daeng, Terampil berbahasa, (Bandung: Alfabeta. 2011).

Wahjudi Eko. 2015 Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa 5 (1) : 1-15.

RA. Aisyah. 2023, Model Pembelajaran Discovery Based Learning, https: // osf.ucsd.edu

Siti Khasinah. 2021. Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol. 11 No. 3 hal.407-408.

Sulbani S . (2014) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pendekatan Discovery Learning pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari Girimulyo Kulon Progo, diakses Agustus 2023 dari https://digilib.uin-suka.ac.id/14046/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.