PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Mawardi Mawardi

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas dirancang untuk meningkatkan aktivitas belajar Peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Subyek dalm penelitian ini adalah peserta didik kelas X B Agribisnis Tanaman Perkebunan. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah penerapan model Problem Based Learning (PB) yang di lakukan dalam 2 siklus, dimana hasil penelitian itu Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas listening dari 80% menjadi 88%, oral dari 45% menjadi 61%, emotional dari 65% menjadi 84%, visual dari 35% menjadi 78%, writing dari 65% menjadi 73%, motor dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. (2) Peningkatan hasil aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,75% yaitu dari 61 menjadi 80,45, sehingga dapat di simpulkan bahwa,  (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta didik kelas X B Agribisnis Tanaman Perkebunan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, (2) Aktivitas p e s e r t a d i d i k meningkat dari siklus 1 ke siklus 2, (3) respon Peserta didik terhadap model PBL sangatlah positif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.