PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 2 KASONGAN BARU

Almajidah Almajidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran Drill and Practice. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi. Metode analisis data dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas peserta didik dan kinerja guru pada siklus I mengalami peningkatan meskipun belum maksimal. Kemudian terjadi peningkatan aktivitas peserta didik yang berkategori baik dan memuaskan pada siklus II dan hasil belajar dinyatakan juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar antara siklus I dengan rata-rata 66,42, ketuntasan belajar klasikal 33, 58 dan siklus II dengan rata-rata 85,00 dan ketuntasan belajar klasikal 92,86 %. Peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II menunjukan kenaikan sebesar 59%. Jadi, penerapan metode Drill and Practice pada siswa kelas IV SDN 2 Kasongan Baru dapat meningkatkan aktivitas siswa lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar PAI pada materi QS. Al-Hujurat ayat 13.

Full Text:

PDF

References


Aditya D. Yusuf, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016: 165-174.

Belajarmengirfan,karakteristik-tujuan-dan-manfaat-penelitian-tindakan-kelas, Agustus 18, 2023, https://belajarmengirfan.wordpress.com

Farmi, Drill and Practice Methods: Peningkatan Kemampuan Menghafal Surah Al-Fatihah pada Siswa MIN Buol, Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 6, Nomor 2, November 2021: 1-8.

Huproni, Penerapan Metode Drill and Practice Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama, Jurnal Sustainable, Vol. 3 No. 2, 2020: 62-67.

Izzan, Hasanudin, Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13 Kajian Ilmu Pendidikan Islam, Jurnal Masagi, Vol. 01, No. 01, 2022: 3-6.

Kolipah Siti, Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Januari 2022: 44-53.

Mardiana I Nyoman, Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD, Journal of Education Action Research, Volume 6, Number 2, Tahun Terbit 2022:182-187.

Mieke M., 2020, Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi, Sleman: DEEPUBLISH.

Nana S., 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nursehah Uvia & Rahmadini Rika, Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SDIT Enter Kota Serang, Jurnal Simki Pedagogia, Vol 2 No 01, 2021: 73 82.

Pebrina dkk., Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis WEB pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTS Dengan Metode Pembelajaran Drill and Practice, Computer Science Education Journal, Volume 2 Nomor 2, 2022.

Rusiati Milsa, Penerapan Metode Pempelajaran Aktif Drill and Practice Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik, Published by: Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangkaraya, Vol. 1 No. 1, September 2021: 466-475.

Ramli M., 2019, Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Penguasaan Hukum Tajwid Peserta Didik Kelas XII Jurusan MM Di SMKN 3 Pamekasan, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas.

Rosman H, 2010, Model Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Teras.

Sylvia, Dewi Pramita. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah.

Sutikno, M. S., 2009, Belajar dan Pembelajaran, Prospect, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.