PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIKIH MATERI TANDA-TANDA BALIGH KELAS IV MI AL-AZHAR

Taufik Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa materi Tanda-Tanda Baligh Kelas IV MI Al-Azhar Kabupaten Barito Kuala melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakam kelas ( Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV MI Al-Azhar tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Tes, Observasi, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriftif kuantitatif dan diskriftif kualitatif, indicator penelitian adalah minimal 70 % dari seluruh siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran dan telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu > 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran fikih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester 1 MI Al-Azhar. Rata-rata motivasi belajar fikih siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 36,7 % menjadi 52,7 % pada siklus I dan meningkat menjadi 78,1 % pada siklus II dan berada pada kategori tinggi. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran, dengan alasan penerapan model pembelajaran discovery learning diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran secara mandiri/berkelompok dengan prosedur mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisa informasi, dan mengkomunikasikan dengan pendekatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana

Asyari, Muslichach. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat

dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Depdiknas Ditjen Dikti.

Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan

Sistem. Bumi Aksara. Jakarta.hal 188

Hamdhu, Ghullam, Lisa Agustina, 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa

Terhadap Prestasi Belajar PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1, Halaman 83. Universitas Pendidikan Indonesia

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar, H. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

WS. Winkel. (1983) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1983

Zubaidi.2011.Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media.ha.185

Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.

Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media. Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media

Akademi.

Hanafiah, N. (2012). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran

abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

N.K. Roestiyah (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Muhammad Nur Fadhil ,Yudi Ari Setiawan, 2022. Buku Interaktif Pendidikan Agama Islam dan Budi Peskerti SMA Kelas XI.Yogyakarta: Intan Pariwara

Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, hal. 17

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke empat belas. Bandung: PT Remaia Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.