MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PEMAHAMAN ZAKAT FITRAH MELALUI METODE EMPTY OUTLINE KELAS V PADA MIS DDI BARU BARU TANGA KABUPATEN PANGKEP

Irmawati Muhtar

Abstract


Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang zakat fitrah pada mata pelajaran fikih di kelas V MIS DDI Baru Baru tanga kabupaten pangkep.Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode empty outline. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran bidang study fikih. Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu Pendidikan nasional yang antara lain melalui penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pembelajaran,perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu manajemen madrasah, berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidik,termasuk dalam hal ini adalah peningkatan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai model dan strategi atau metode pembelajaran, sehingga memungkinkan peserta didik untuk selalu aktif dalam hal belajar. Metode penelitian menggunakan metode empty outline merupakan model penelitian yang sekaligus berpraktek dan berteori atau menggabungkan teori sekaligus melaksanakan dalam praktik. Hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi belajar fikih siswa meningkat setelah model pembelajaran empty outline di terapkan di kelas V MIS DDI Baru Baru Tanga kabupaten pangkep tahun pelajaran 2023/2024.


Full Text:

PDF

References


Anni Rohmahwati (2014) Upaya Meningkatkan Pemahaman Fikih Mengenai Rukun Islam Melalui Metode EMPTY OUTLINE.

Ariesta Shintawati, 2018. Metode Active Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Keagamaan Husnul Khotimah, Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2007/2008. Surakarta: UMS Nata, Abudin,2009. Metodologi studi Islam,Ed.Revisi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Keputusan Menteri Agama No 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta,Depag Riyanto,Yatim 2012 Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta :Kencana Pranada Media Group.

Siti Markamah hastutik (UIN Malang, 2007) dalam penelitiannya yang berjudul Penerapan pembelajaran kooperatif struktural dalam meningkatkan motivasi, pemahaman dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIIIA di MTs Hidayatul Mubtadi'in

Syarifuddin,Amir.2008 Ushul Fiqih jilid I.Jakarta : logos wacana Ilmu Tim penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta :Balai Pustaka:1998)

Undang Undang Republik IndonesiaNomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,2003,hlm 72


Refbacks

  • There are currently no refbacks.