UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MELESTARIKAN LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN TENTANG DAUR ULANG SAMPAH MENJADI HIASAN MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER

Muhammad Seman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi melestaikan lingkungan dan meningkatkan pengetahuan tentang daur ulang sampah menjadi kompos melalui model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas VI MI AL-AZHAR tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) tes, 4) dokumentasi, dan 5) angket. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik product Moment. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa:. (1) terdapat peningkatan motivasi melestarikan lingkungan melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VI MI AL-AZHAR tahun 2023/2024 yaitu pada siklus I tingkat motivasi siswa dengan rata-rata sebesar 80,4 dan pada siklus II tingkat motivasi siswa dengan rata-rata sebesar 92,4; (2) terdapat peningkatan pengetahuan tentang daur ulang sampah menjadi kompos melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas VI MI AL-AZHAR tahun 2023/2024 yaitu pada siklus pertama rata-rata nilai tes sebesar 69,75, sedangkan pada siklus kedua rata-rata nilai sebesar 77,7.


Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: UNS Press. Apriadji, Wied Harry.2005. Memproses Sampah. Jakarta: penebar swadaya.

Arends, R.I. (1997), Classroom Structure and Management. Newyork: McGraw Hill Companies, Inc.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Darsono, Max. dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang

Press.

Dimyati.mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah,

Syaiful Bahri .2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, O.

(2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hamzah. 2006. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Haydon, Maheady, & Hunter (2010). Effect Of Nimbered Heads Together on the Daily Quiz Scores and On-Task Behavior of Students with Disabilities. Diperoleh 10 Mei 2013, dari link.springer.com/content/pdf/ 10.1007%2Fs10864-010-9108-3

Hendra, AW. 2008. Konsep Pengetahuan. Yogyakarta.: Mitra Cendikia Press Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lie, A. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Noehi.1993.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Depdikbud.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Grafindo. Siagian, P. Sondang.2004. Teori Motivasi dan

Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta

Slavin,R.E (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Terj. Samosir, M.

Jakarta: Indeks

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia

Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suwandi S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya

Ilmiah.

Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suwarno & Hotimah. (2009). Serba Tahu Tentang SAINS Ilmu Pengetahuan

Alam. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Tim Penulis PS. 2011. Penanganan Dan Pengelolaan Sampah. Jakarta: Penebar

Swadaya.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

W.S Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.

Yahya, N. & Huie K. (2002). Reaching English Language Learner trough

Cooperative Learning. The Internet Tesl Journal Vol.VIII No.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.