PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MATERI TAYAMUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 2 BANJAR

Siti Rahlianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi tayamum setelah menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VII di MTsN 2 Banjar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri singkat dan komprehensif dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran materi tayamum dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII MTsN 2 Banjar. Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar sebesar 15.2% dan jumlah jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran metode demonstrasi dalam materi tayamum telah membuktikan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi maka presentase hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami kenaikan diserta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta Moleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Riduwan, 2011.Dasar-dasar Statistika, Cet. 9: Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksara.

Tohirin.2008.Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rineka

Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.