PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SHALAT SUNNAH RAWATIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS III MI ISLAM ARRAHMATUL ABADIYAH ALALAK SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang terjadi di MI Islam Arrahmatul Abadiyah Alalak Selatan Rt.04,yakni melihat rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran,terutama materi tentang shalat rawatib. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui keberhasialan nilai siswa dalam mata pelajran fiqih materi tentang shalat sunnah rawatib di kelas III sebelum menggunakan pembelajaran problem based learning (PBL) disetiap siklus penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, paparan data penyimpulan. Juga dilakukan analisis data diskriptif untuk data hasil observasi serta adanya refleksi terhadap hasil penelitian. Penelitian ini bertolak dari kerangka penelitian, bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi tentang shalat sunnah rawatib salah satunya adalah menggunakan metode yang kurang tepat sehingga dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis. Berdasrakan hasil penelitian diketahui bahwa untuk peningkatan hasil belajar siswa pada materi shalat sunnah rawatib sebelum menggunakan metode problem based learning (PBL) adalah 56,55% dan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan metode tersebut adalah memberikan orentasi tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi shalat sunnah rawatib menjadi lebih meningkat dan dapat dengan mudah untuk memberikan pemahaman tentang materi tersebut, serta sangat membantu dalam menginvestigasi mandiri dan kelompok. Mengembangkan dan mempresentasikan dalam proses pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan Hasil belajar siswa dalam belajar pada materi shalat sunnah rawatib kelas III MI Islam Arrahmatul Abadiyah Alalak Selatan, setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode problem based learning (PBL) semua siklus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik, yaitu dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I 33,3%,meningkat di siklus II adalah 69,1%,.Dengan demikian metode problem based learning dapat dijadiakn sebagai
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka CiptaMoleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Riduwan, 2011.Dasar-dasar Statistika, Cet. 9: Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksara.
Tohirin.2008.Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rineka
Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.