PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA KELAS 12 IPA 1 MAN BULUNGAN

Syahabudin Syahabudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 12 IPA 1 di MAN Bulungan melalui penggunaan media pembelajaran audiovisual. Mata pelajaran ini memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang perkembangan sejarah dan budaya Islam di Indonesia. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dalam dua siklus, masing-masing melibatkan penerapan dan evaluasi media pembelajaran audiovisual. Data hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 77,67 menjadi 89,33 pada siklus kedua. Penggunaan media pembelajaran audiovisual mampu memfasilitasi pemahaman holistik melalui kombinasi elemen visual dan auditif, serta meningkatkan minat siswa dalam belajar. Meskipun demikian, strategi tambahan mungkin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan individual siswa. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi integrasi media audiovisual dengan metode pembelajaran lainnya untuk optimalisasi hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Mustofa, Hanif Zainal (2014) Penggunaan media Audio-Visual dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Skripsi

Mufliha, Nursyifa (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Media Audio-Visual (Study Pada Mts Negeri 03 Kota Tangerang), Jakarta : FITK UIN syarif Hidayatullah Jakarta

Artikel

Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching. Holt, Rinehart and Winston.

Buku

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. David McKay Company.

Jurnal

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Artikel

Mayer, R.E. (2005). Cognitive Theory of Multimedia Learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (pp. 31-48). Cambridge University Press.

Artikel

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology and Media for Learning.

Buku

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.