PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA MA MIFTAHUL FALAH
Abstract
Dunia pendidikan mengalami perkembangan dalam mewujudkan generasi muda yang mampu menghadapi globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Kebudayaan Masyarakat Makkah Sebelum Islam di Kelas XB MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). penelitian tindakan kelas ini direncanakan berlangsung dalam dua siklus. Berdasarkan keseluruhan hasil belajar siswa pada siklus pra tindakan, siklus I dan siklus II, Terjadi peningkatan di mana pada kondisi awal (pra siklus) sebanyak 83,33% atau 24 siswa tidak tuntas sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70, sedangkan yang nilainya diatas KKM hanya 16,67% atau sebanyak 6 siswa. Pada siklus I adalah 61,11% atau sebanyak 18 siswa tuntas dan 38,89% atau 12 siswa tidak tuntas.Selanjutnya pada siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan yakni 88,89% atau 26 siswa tuntas. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa juga terus meningkat pada setiap siklusnya yakni 55,00 pada pra siklus meningkat menjadi 73,33 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 83,89 pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kelas XB MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khususnya pada materi Kebudayaan Masyarakat Makkah sebelum Islam pada siswa kelas X di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, dkk, 2006. Kupas Tuntas Shalat Tata Cara dan Hikmahnya. Jakarta: Erlangga.
Arif, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara. Djamarah & Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi @Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009, hlm. 1-10.
Mujiono, Dimyati. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Istarani. (2011).
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya.
Ronny. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: PPM Manajemen.
Sudijono, Anas . (2013). Evaluasi Pendidika. jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Yatim, Badri . (2013). Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Rajawali Pers . Sujijono, Anas. (2012). Pengatar Statistik Pendiikan. Jakarta: Raja Grfindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.