PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS III MI NU ISLAHUSSALAFIYAH

Rohmat Ahlis

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek Kelas III MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus. Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi. Dalam komunikasi sering terjadi penyimpangan-penyimpangan, sehingga komunikasi tersebut kurang efektif dan efisien. Dalam proses belajar mengajar mengakibatkan komunikasi yang seharusnya dua arah berubah menjadi satu arah, menyebabkan peserta didik kurang berminat dan memperhatikan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Mata Pencaharian Masyarakat Arab Sebelum Islam Menggunakan Media Audiovisual Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas III MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa melalui media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam materi Mata Pencaharian Masyarakat Arab Sebelum Islam Menggunakan Media Audiovisual Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas III MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Data ini dibuktikan bahwa pada pra siklus nilai yang tuntas 11 peserta didik (55%), kemudian pada siklus I meningkat menjadi 14 peserta didik (70%) , pada siklus II meningkat menjadi 19 peserta didik (95%).


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aditya, Eryen Bayu. 2014 Peningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Kisah Nabi Melalui Media Audio Visual Pada Peserta didik Kelas III MI

Asas Islam Kalibening Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014.

Asnawir & Usman, Basyirudin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. hps://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil

-belajar-peserta didik.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Humairah, Fitri. 2018. Peningkatan Hasil Belajar SKI Melalui Media Audio Visual

Pada Materi Khulafaur Rasyiddin Kelas VII MTsN 2 Aceh Jaya.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum

Merdeka Pada Madrasah.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan,

Bandung: Remaja Rosdakarya,.

UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 20.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.