Peningkatan hasil belajar Peserta Didik melalui media Audio Visual Kelas III di MIN 2 Kotawaringin Timur
Abstract
Pembelajaran pada dasarnya adalah suatu proses komunikasi yang melibatkan guru sebagai sumber informasi dan siswa sebagai penerima pesan pembelajaran atau yang di kenal sebagai materi pelajaran. Media komunikasi pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan agar komunikasi berjalan secara efektif dan efisien. Pembelajaran SKIadalah usaha sadar yang dilakukan guru untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dalam peradaban Islam beserta tokoh-tokohnya dengan tujuan untuk memotivasi siswa ke arah perubahan tingkah laku yang mulia. Dalam rancangan penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas, di mana peneliti terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas. Media merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. penggunaan media pembelajaran audio visual dalam proses belajar mengajar tentunya juga membangkitkan minat belajar siswa karena siswa akan merasa belajar menjadi sangat menyenangkan, khususnya di sekolah dasar/madrasah, Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dalam rancangan penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) di mana peneliti terlibat langsung dalam proses pembelajaran di kelas. yang dilakukan pada kelas 3 A. Pada penelitian ini dihasilkan: Hasil belajar siswa pada pelajaran SKI menggunakan media audio visual pada siklus I dengan nilai menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 10 orang atau 62,5% sedangkan 6 orang atau 47,22% belum mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata hasil diperoleh siswa adalah 37,5% belum memenuhi KKM yang ditentukan oleh MIN 2 KOTIM yaitu 65 pada pelajaran SKI. hasil tes akhir siswa 16 siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sesuai dengan ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73,43. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas III MIN 2 Kotawaringin Timur telah mampu menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru pada pelajaran SKI dan menunjukkan peningkatan selama pembelajaran dengan menggunakan media audio visual
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Dudung. 2007. Metodologi Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Aisyah, Nur, 2023. PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI, Vol. 3, No. 4. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Ananda, Tiara, 2023. Penerapan Media Audio Visual dalam Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di Mts Negeri 4 Jakarta.
Damayanti, 2021. Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Ahlaq pada peserta didik kelas enam SDN tiga tiga Lebong. Lebong: CV Tatakata Grafika
Fachrudin, Yudhi ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan dasar.
Hanafi, M. 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Haryono, 1999. Mempelajari Sejarah Secara Efektif, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya
Humairah, Fitria. 2019. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MELALUI
MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KHULAFAUR RASYIDDIN KELAS VII MTsN 2 ACEH JAYA. Palangka Raya
Husaini,Hinai., Ramayani, Nurmisda. Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran SKI di MTS Al-Hidayah. Vol 01, No 04
Husamah, dkk., 2019. Pengantar Pendidikan. Malang: Universitah Muhamadiyah Malang.
Kurniawan, Nurhafit, 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish. Kustandi, Cecep. 2020. Pengembangan media pembelajaran konsep dan aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi Pendidik di sekolah dan masyarakat
edisi pertama. Jakarta: kencana.
Lukman, Suyud, 2020. Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 3. Kementerian
Agama RI.
M.Naser, Rahma, 2022. Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Melalui
Media Audio Visual dalam Manajemen Pendidikan Islam Tinjauan (Studi di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu), Vol 5, No 8.
Peraturan Mentri Agama RI No 2 tahun 2008 tentang Standar Isi dan Standar
Kompetensi Lulusan PAI
Rahayu, Ratna Dwi, and Eko Prayitno. 2020. “Minat Dan Pemahaman Konsep
Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video.” Jurnal Pendidikan IPA Veteran 4 (1): 69–80. doi: 10.31331/jipva.v4i1.1064.
Suryani, Nunuk, dkk,. 2020. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: PT.Remaja Rosdakarya.
Sumiharsono, Rudy, Hasanah Hibiyatul., 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.