PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CINTA NABI DAN RASUL

Salamah Salamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajardan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Cinta nabi dan Rasul pada siswa kelas 1B SDN mendawai 1 Sukamara Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Analisis data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif yang digunakan ini adalah untuk menggambarkan bahwa tindakan yang dilaksanakan dapat menimbulkan perbaikan, peningkatan minat belajar, dan perubahan ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase minat belajar siswa setelah proses belajar mengajar pada setiap pertemuan siklusnya, maka dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis.

Hasil penerapan pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti materi Cinta Nabi dan Rasul  pada siswa kelas 1B SDN Mendawai 1 Sukamara. Penjelasan mengenai meningkatnya hasil belajar siswa dari 3 siswa atau 25% pada kondisi awal meningkat pada pertemuan pertama,  yaitu terdapat 10 orang siswa atau 83,33% siswa yang dinyatakan tuntas, pertemuan kedua 11 orang siswa atau 91,66%, dan pertemuan ketiga terdapat 12 orang siswa atau 100% telah memenuhi KKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.