PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III A MI ISLAMIYAH SUBAH


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar siswa kelas III A MI Islamiyah Subah Batang Jawa Tengah tentang materi Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan pemahaman materi Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara umum berlangsung kondusif, siswa menunjukkan respon positif, serta terdapat peniongkatan hasil belajar siswa materi tradisimasyarakat Arab sebelum Islam pada setiap siklus selama penelitian berlangsung. Peningkatan pemahaman siswa kelas III A materi Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam tersebut dibuktikan dengan pemimgkatan nilai siswa setiap siklus.


Full Text:

PDF

References


Munzier Saputra, Metodologi Pengajaran islam (Jakarta: Amissco, 2003)

Syaiful Bah Slameto, Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester,(Jakarta: Bumi Aksara, 1991)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 1994)

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung:

Al-Ma?arif, 1980), cet ke-4

Muhammad Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern,(Jakarta:

Pustaka Imani, 1998)

Sardiman A.M, Interaksian Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Bagi Guru dan Calon Murid,(Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 1996)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999) Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Bumi Aksara, 2006) Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007)

Djamarah, Psikologi Belajar;(Bandung; Rineka Cipta; 1999)

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdikarya,2005)

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdikarya,2005)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.