PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MIN 3 KOTA PALANGKA RAYA

Mustika Triani

Abstract


Penelitian ini berfokus pada penggunaan model pembelajaran "Make a Match" dalam mengajarkan materi Sejarah Kebudayaan Islam kepada peserta didik kelas IV di MIN 3 Kota Palangka Raya. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap materi yang memerlukan hafalan dan pemahaman yang mendalam. Metode "Make a Match" mendorong kerjasama dan keterlibatan aktif antara peserta didik dalam mencari jawaban atau pasangan yang sesuai dengan konsep yang diajarkan. Melalui penggunaan model pembelajaran "Make a Match", diharapkan bahwa peserta didik akan lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Model ini memfasilitasi pemahaman yang lebih baik melalui interaksi yang melibatkan peserta didik secara langsung, sehingga memungkinkan mereka untuk membangun koneksi yang lebih baik dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama dalam konteks pelajaran SKI, yang sering kali dihadapkan pada tantangan hafalan dan daya ingat. Dengan berfokus pada metode pembelajaran yang menarik dan interaktif seperti "Make a Match", penelitian ini mengusahakan cara yang lebih efektif untuk mengajarkan materi SKI kepada peserta didik. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan menyenangkan di lingkungan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Asmawita, Asmawita. 2020. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar SKI Materi Sejarah

Perkembangan Islam Nusantara Dengan Metode Make a Match Siswa Kelas IX-4 MTsN 2 Aceh Besar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V) 1(3):258–67. doi: 10.32672/jp2v.v1i3.2290.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Jogjakarta: Diva Press. Hanafi, Muhammad. 2009. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral

Pendidikan Islam.

Pratama, Rendy Putra, and Rochmawati Rochmawati. 2020. “Pengembangan Permainan

Make a Match Berbasis Komputer Sebagai Media Pengayaan.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 30(2):99–108. doi: 10.23917/jpis.v30i2.11452.

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta.

Rifai, Ahmad. 2019. “PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL

BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PESURUNGAN LOR 01 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019.” Peradaban.

Septantiningtyas, Niken. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Jawa Tengah: Lakeisha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.